5 Cara Atasi Kegemukan Pada Anak

Ilustrasi anak menolak makan - suplemen525

CARA UNTUK - Di seluruh penjuru dunia, obesitas telah menjadi masalah yang cukup memprihatinkan. Para dokter menyebutkan sindroma metabolik atau gejala beragam penyakit yang bakal muncul akibat obesitas atau kegemukan. Mulai dari kencing manis, gangguan ginjal, disfungsi ereksi, gangguan mata, serangan jantung, hingga stroke.

Karena itu, sejak kanak-kanak, cermati kecenderungan makan dan kondisi tubuh anak-anak kita. Membiasakan hidup sehat dengan pola makan denganmenu gizi seimbang merupakan langkah terbaik. 

Seperti dilansir Boldsky, Rabu (27/3/2013), inilah 5 Cara Atasi Kegemukan Pada Anak yang bermanfaat agar anak-anak kita terhindar dari kegemukan yang sedang mewabah di dunia.

1. Sarapan sehat

Kebiasaan makan pagi atau sarapan menjadikan tubuh tidak mudah gemuk karena asupan makanan tidak ditumpuk dalam waktu tertentu. Pilhan makanan juga penting untuk sarapan seperti misalnya semangkuk sereal dengan susu lowfat. Tambahkan buah-buahan seperti apel/pisang untuk meningkatkan cita rasa. Bubur ragi adalah pilihan sarapan sehat dan bergizi untuk anak-anak obesitas.

2. Jus sehat

Gantilah minuman berkarbonasi dengan jus buah sehat seperti jeruk, semangka, pepaya, anggur dan apel. Segelas jus setiap pagi bersama sarapan juga dianjurkan. Lebih tanpa gula. Bila ingin manis, gunakan buah manis.

3. Beri sayur-sayuran

Kebanyakan anak membenci sayur karena menganggap sayur sebagai makanan hambar. Jadi, cara ideal agar anak mau makan sayur dengan menumis, membuatnya menjadi sup, salad, atau pasta. Anda juga mencampurkan sayur-sayuran dalam mi, nugget, atau bahan-bahan yang disukai si anak.

4. Kudapan sehat

Dua potong roti gandum dengan mentimun, tomat, dan bawang. Kurangi keju dan beri secangkir jus semangka, jeruk. Anda juga bisa memberi kudapan berupa kacang atau kedelai rebus juga pepes tahu. 

5. Olahraga

Diet terbaik tidak dapat berhasil bila tak dibarangi dengan kegiatan fisik. Anak-anak harus didorong untuk bermain dan bergerak di luar ruangan. Untuk anak-anak obesitas, ajarkan anak Anda olahraga paling lama satu jam. Seperti aerobik yang dikhususkan untuk anak-anak atau berenang. [liputan6]


Semoga bermanfaat